-->

Pilihan Cara Merayakan HUT RI saat pandemi covid-19

Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI menjadi saat yang ditunggu tunggu, dimana kita bisa ikut melakukan upacara pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan dan berbagai kegiatan lainnya.

Terutama bagi anak anak adalah bisa mengikuti perlombaan yang mengasyikan walaupun dengan lomba lomba sederhana. Tapi, mengingat kondisi saat ini, kita harus menjaga jarak dengan orang lain, maka perayaan ini akan tertunda.


Walaupun demikian, kita tidak perlu untuk bersedih, kiita bisa melakukan berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Kemerdekaan tanpa harus berkerumun.

Maka bila ingin merayakan Hari Ulang Tahun Republlik Indonesia Tahun sekarang coba lakukan beberapa cara memperingati Hari Kemerdekaan berikut ini.


5 Cara Memperingati HUT RI saat Pandemi Covid-19


1. Memasang Bendera Merah Putih di depan Rumah

Kebiasaan mengibarkan bendera merah putih ini sudah menjadi keharusan, dan tidak akan menyalahi aturan pemerintah saat pandemi. Selain mudah untuk dilakukan juga menjadi kewajiban kita sebagai warga negara yang mencintai Indonesia.

pengibaran bendera merah putih


dengan hanya bermodalkan tiang, baik itu dengan bambu atau dengan tiang besi atau memanfaatkan tiang yang ada bisa dilakukan.

tidak sulit untuk kita lakukan.


2. Melakukan Pengibaran bendera bersama keluarga

Unik dan akan membuat orang takjub dengan melakukan pengibaran bendera walau dilakukan bersama keluarga, atau beberapa orang di sekitar kita. dengan tidak terlepas dari protokol kesehatannya.

upacara pengibaran bendera merah putih


memanfaatkan momentum untuk bisa menumbuhkan rasa memiliki juga memupuk rasa nasionalisme pada anak anak. Sesederhana mungkin, dengan komposisi keluarga kecil akan hidmat, misalnya dengan pembagian tugas untuk anggota keluarga.


misalnya, ayah sebagai pembina upacara, istri pemimpin upacaranya, anak anak di bagi tugas sebagai pembaca Teks UUD 1945 dan Pancasila.


bila kekurang orang dalam pasukan bisa mengajak tetangga atau saudara terdekat. untuk menyanyikan lagu kebangsaan bisa dengan memutar musik, dan dinyayikan bersama-sama.


Apa lagi saat ini kita bisa melakukan aktifitas streaming, kegiatan ini bisa di siaran langsung kan melalui media internet, baik itu dalam facebook atau Youtube.


dipastikan akan mengundang rasa kagum dan haru bagi yang menontonnya.


3. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Lewat Internet

Tidak bisa dilakukan bersama banyak orang, bukan berarti kita tidak bisa merayakan Hari Ulang Tahun RI saat pandemi covid-19, bisa dengan sendiri menyanyikan Lagu Kebangsaan Republik Indonesia dan disebarkan melalui internet.

menyanyikan lagu indonesia raya


Media Internet saat inilah yang dipandang tepat sebagai sarana mempersatukan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bagaimana caranya?


Pertama, Bisa dengan tanpa diiringi musik hanya lantunan suara kita saja


Kedua, menyayikan lagu Indnesia Raya dengan diiringi musik instrumen yang bisa diputar melalui HP atau komputer. Dan ini akan terdengar lebih hidmat.


4. Membacakan Teks Proklamasi, Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila

Selain menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, membacakan Teks Undang-undang Dasar RI Tahun 1945 dan Teks Pancasila juga bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa harus ikut upacara pengibaran bendera.

pembacaan teks Proklamasi


sebagaimana biasa dilakukan oleh petugas upacara, kita bisa ikut andil melakukannya sendiri dan lebih baik di jadikan momentum untuk berbagi dengan teman di media sosial.

tidak akan menyalahi aturan seandainya kita melakukan ini, bahkan akan menjadi bahan pujian orang kepada kita.

yang paling utama adalah kita ikut berpartisipasi dalam upaya memperingati hari kemerdekaan negara Republik Indonesia tercinta ini.


5. Membuat status ungkapan rasa syukur lewat Media sosial

Nah, membuat status setiap orang tidak hanya orang dewasa, anak kecil sudah menjadi kebiasaan saat mendapati moment moment tertentu. Apa salahnya bila status pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti kita budayakan membuat statu ungkapan rasa syukur bisa merdeka.

status merayakan kemerdekaan


Dibanding dengan membuat status yang mengundang hal hal yang tidak baik, lebih utama bila menggugah semangat orang lain untuk berkarya mengisi kemerdekaan RI tahun 2020 ini.


Dari ke 5 Cara Memperingati HUT RI saat Pandemi Covid-19 ini bisa dilakukan siapa saja, dengan memanfaatkan internet sebagai bahan atau media untuk bisa menyebarluaskan rasa bangga dan syukur kita.


Tentu saja bisa melakukan bentuk perayaan lainnya yang sifatnya tidak ceremonial, tanpa melibatkan banyak orang.

Kegiatan di atas bisa dikategorikan sebagai kegiatan unik saat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Walau terlihat sederhana akan terkesan luar biasa


karena dengan terbatasnya kita dengan tidak boleh berkumpul, hal hal yang sifatnya patriotik mungkin dapat dilakukan.


Ungkapan rasa Syukur juga bisa dengan mengibarkan bendera merah putih di suatu tempat, misalnya di pegunungan, saat menyelam atau tempat yang menurut orang susah di jangkau.

Bisa menjadi keunikan tersendiri sebenarnya.

Selamat mencoba, mudah mudah an terinspirasi dengan informasi ini.

Pilihan Cara Merayakan HUT RI saat pandemi covid-19