-->

Faktor Penyebab Sperma Rusak, Wajib Dipahami Para Pria

Faktor Penyebab Sperma Rusak, Wajib Dipahami Para Pria - Kualitas sperma masih menentukan hasil pemubahan pada sel telur. Ada beberapa kondisi dimana sperma pria mengalami penurunan selain karena faktor usia. Maka dari itu ada sejumlah poin penting kenapa sperma bisa mengalami kerusakan hingga kualitasnya menurun. Bahkan ada beberapa penelitian mengungkapkan adanya faktor penting yang membuat sperma bisa rusak dan butuh beberapa poin utama dalam pencegahannya.

Dalam beberapa kondisi, kualitas sperma bisa saja mengalami penurunan tanpa disadari para pria. Bahkan kebiasaan hidup sehari-hari bisa mengakibatkan sperma menurun kualitasnya. Dari sinilah kita bisa mencermati bagaimana faktor penting agar tidak berakibat buruk pada kualitas sperma yang sekarang ini bisa langsung dicermati para pria.

Faktor Penyebab Sperma Rusak, Wajib Dipahami Para Pria

Sumber : klimg.com

Faktor Penyebab Sperma Rusak Para Pria Wajib Tahu

Beberapa faktor penyebab sperma rusak bisa saja dari kegiatan sehari-hari ataupun faktor lain. Tetapi, sudah ada kesimpulan bahwa beberapa penyebab rusaknya sperma bisa terjadi karena hal-hal sederhana seperti berikut ini.

Sering Konsumsi Alkohol

Sudah terbukti, para pria yang gemar mengkonsumsi alkohol bisa mengurangi kualitas sperma. Bahkan kualitas sperma bisa cepat menurun karena dampaknya membuat kemampuan sperma dalam membuahi sel telur lebih cepat berkurang. 

Agar Anda tidak mengalami penurunan kualitas sperma sebisa mungkin hindari mengkonsumsi alkohol yang sebenarnya cukup mudah dilakukan. Konsumsi air putih kemudian dari komposisi buah dan sayuran dalam bentuk jus untuk meningkatkan kemampuan sperma.

Baca Juga :  Fakta Unik Pare Khusus Makanan Ibu Hamil

Stress Berkepanjangan

Pada dasarnya faktor mental dan pikiran justru membuat kemampuan sperma tidak bisa membuahi sel telur dengan cepat. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian yang menungkapkan bahwa stres berkepanjangan bisa menurunkan kualitas sperma.

Teknik mengurangi kadar stres bagi pria bisa dilakukan dengan berolahraga ataupun melakukan banyak hobi baru. Sebisa mungkin hindari pikiran stres, sehingga tidak ada efek buruk yang berdampak besar pada kualias sperma yang berkurang bahkan menurun karena faktor stres.

Obesitas

Hampir semua pria diharapkan tidak memiliki berat badan berlebihan. Dalam hal ini teknik menurunkan berat badan dan menjaga berat tubuh tetap ideal terbilang penting. Sampai akhirnya penyebab sperma menurun kualitasnya bisa dicegah dan akhirnya Anda bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ataupun mengkonsumsi makanan sehat agar tidak mengalami obesitas.

Bersepeda Terlalu Lama

Ada beberapa kaitan antara bersepeda terlalu lama dan akhirnya mengurangi kualitas sperma pria dalam membuahi sel telur. Maka dari itu Anda perlu mencoba mengurangi aktivitas bersepeda ataupun mengurangi durasi bersepeda karena dari kondisi testis yang tertekan dan terasa panas sudah pasti menurunkan kualitas sperma.

Berendam di Air Panas

Berendam air panas juga memiliki resiko cukup tinggi terhadap kualitas sperma pria. Suhu panas tidak disukai sperma, karena itu kegiatan berendam di air panas dalam durasi lama sebaiknya jangan dilakukan meskipun fungsinya untuk meredakan stres ataupun menjaga kebugaran tubuh Anda. 

Merokok

Efek dari merokok juga tidak baik bagi kesehatan sperma laki-laki di segala usia. Efek racun dan nikotin hingga paparan zat buruk lainnya tidak berdampak baik bagi kesehatan sperma. Dalam hal ini Anda butuh beberapa poin utama yang membuat aktivitas merokok menjadi tidak disarankan. 

Beberapa faktor penyebab sperma menurun kualitasnya harus bisa dihadirkan dengan tepat bahkan sekarang ini Anda butuh metode tepat untuk meningkatkan kualitas sperma. Dari sinilah Anda butuh beberapa poin utama yang seharusnya bisa dihadirkan sebagai langkah tepat menjaga kesehatan sperma lebih baik.

Sumber : 
Klikdokter.com
Alodokter.com
Hallosehat.com
klimg.com

Faktor Penyebab Sperma Rusak, Wajib Dipahami Para Pria