-->

11 Negara dengan Perayaan Hari Kemerdekaan terpopuler di Dunia

Hari Kemerdekaan suatu negara merupakan saat dimana warganya melakukan perayaan dengan berbagai kegiatan sebagai ungkapan rasa syukur. Tema perayaan hari kemerdekaan setiap tempat berbeda tidak hanya di Indonesia berbagai negara memperlihatkan ke khas an nya, biasanya didasari oleh kebiasaan atau budaya masing masing.


Ada yang melakukan perayaan kemerdekaan nya dengan perlombaan, pergelaran musikal, pergelaran budaya, iring-iringan dan lain sebagainya. tapi yang paling utama dilakukan adalah dengan melakukan upacara pengibaran bendera pusaka.


seperti yang terlihat di negara kita, perayaan HUT RI di awali dengan upacara pengibaran bendera, pembacaan UUD Dasar Negara RI dan Pancasila. Selanjutnya digelar berbagai perlombaan.


Namun, melihat keadaan saat ini tentu saja perayaan HUT RI tidak akan seperti tahun sebelumnya mengingat Tahun ini kita di landa pandemi Covid-19.


jadi, Bagaimana caranya mengungkapkan rasa senang kita pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI?


Nah, terlepas dari pandemi covid-19 ini, ada beberapa negara termasuk Negara Indonesia yang masuk kategori Perayaan Kemerdekaan nya sangat unik dan di lirik warga asing.


Setiap negara memiliki perayaan unik saat hari kemerdekaan, berikut 11 negara dengan Hari Kemerdekaan terpopuler di Dunia


India: Mengibarkan Layang layang pada 15 Agustus

Merdekanya Negara India Pada tanggal 15 Agustus tahun 1947, dimana berakhirnya kekuasaan Inggris di India yang memakan waktu kurang lebih 3 abad.

Acara Kemerdekaan India
by: max pixel

Semua warga di India Setiap tahun pada hari ulang tahun kemerdekaan negaranya jutaan orang memperingati peristiwa bersejarah dengan berbagai keunikannya mulai dari menghiasi rumah, kantor, sekolah dan fasilitas lainnya dengan warna bendera India.

Di awal pagi diselenggarakan upacara kemerdekaan deisertai menyanyikan lagu kebangsaan, mengibarkan bendera serta hormat kepada bendera nasional. Perayaan juga merupakan saat ketika keluarga berkumpul untuk menyaksikan upacara bendera tahunan, disiarkan langsung dari Benteng Merah di New Delhi.


Keunikan Perayaan Kemerdekaan India

Bagi warga India mengibarkan layang-layang merupakan simbol akan sebuah kebebasan. Di seluruh penjuru negri, langit dihiasi layang-layang yang tak terhitung jumlahnya dari berbagai bentuk dan warna yang diterbangkan dari atap. Hari yang penuh warna adalah saat yang tepat untuk piknik di luar. Layang-layang mudah dijumpai saat musim liburan di India.


Ghana: Berpesta di Pantai – Menari dengan musik hip hop  (6 Maret)

Ghana merupakan negara pertama yang merdeka di Benua Hitam. Ia memperoleh kemerdekaannya dari penjajahan Inggris pada tahun 1957. Saat ini Ghana memperingati peristiwa bersejarah setiap tahun dengan melakukan parade dan pawai keliling sambil menyalakan kembang api. Tapi perayaan tidak lengkap tanpa pesta jalanan dan kemacetan, tradisi unik Ghana.

Acara Kemerdekaan Ghana
by: Flickr

Tradisi Unik Ghana saat Hari Ulang Tahun Ghana

Pesta jalanan seringkali tidak cukup. Rakyat Ghana sering mengadakan pesta di pantai. Wilayah pesisir merayakan hari kemerdekaan di pantai dengan musik dan tarian hip hop. Adapula lomba layar yang diadakan turun temurun di kampung nelayan daerah Shama.


Meksiko: Berkumpul di alun-alun Kota (16 September)

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Cinco de Mayo bukanlah perayaan hari kemerdekaan. Hari Kemerdekaan Negara Meksiko yaitu di bulan September dengan tema mengenang Grito de Dolores, dimana terjadi peristiwa teriakan perang untuk merdeka yang diucapkan oleh Miguel Hidalgo y Costilla, serorang imam Katolik Roma dari kota kecil Dolores. Di seluruh negeri, perayaan ditandai dengan melakukan parade, konser dan pesta.

Acara Kemerdekaan Meksiko
by: Flickr

Keunikan Perayaan Meksiko

Perayaan dimulai pada malam tanggal 15 September di seluruh bangsa. Di kota Meksiko sendiri, pusat perayaan dilakukan di Zocalo, salah satu alun-alun kota terbesar di dunia, lebih dari setengah juta orang lainnya berkumpul setiap tahunnya. Tradisinya Presiden Meksiko akan hadir untuk melakukan seruan patriotisme, dan disambut dengan perkataan atau yel yel "VIVA!" oleh semuanya di pusat kota. Pada akhirnya, kembang api spektakuler akan menerangi langit malam.


Kosovo: Memainkan musik di semua daerah (17 Februari)

Perdebatan mengenai legitimasi yang dilakukan pemerintah Kosovo tidak mampu mencegah etnis Albania di negara Eropa termuda ini untuk dengan bangga merayakan hari ulangtahun berpisahnya Kosovo dari negara Serbia. Awal tahun ini, sebuah festival parau telah terjadi di ibukota, Pristina, dimana terdapat parade polisi dan angkatan bersenjata yang berkeliling seperti saat perang Kosovo. Pristina, ibu kota negara adalah pusat dari perayaan. Orang-orang dari seluruh wilayah Kosovo berkumpul jadi satu di Monumen Newborn, untuk memperingati kemerdekaan Kosovo.

Acara Kemerdekaan Kosovo
by: Flickr


Kebiasaan Warga Kosovo Merayakan Kemerdekaan

Pemusik tradisional tersebar di seluruh penjuru selama perayaan, karena musik merupakan jantung dari perayaan hari kemerdekaan. Karena lebih dari 90% bangsa Kosovo adalah etnis Albania, maka musik Kosovo banyak dipengaruhi oleh Albania.


Filipina: Makan bersama keluarga (2 Juni)

Tanggal 2 Juni adalah hari merdekanya negara Filiphina, suka cita diluapkan warga dengan berbagai kemeriahannya.

Acara Kemerdekaan Filipina
by: wikipedia


Kebiasaan Warga Filiphina saat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan

Sebuah upacara pengibaran bendera tradisional dilakukan untuk selebrasi Arraw ng Kalayaan di Filipina. Liburan pada hari itu didedikasikan untuk merekatkan ikatan dengan keluarga. Warga Filipina mengadakan jamuan makanan, dengan keluarga dan teman-teman untuk memperingati hari ketika Emilio Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan Filipina dari kekuasaan Spanyol selama berabad-abad.


Perancis: Berpesta dengan musik (14 Juli)

Setiap tahun, negara Perancis merayakan kemerdekaan atas penindasan kerajaan tirani pada tanggal 14 Juli. Perayaan ditandai dengan parade milliter di Champs-Elysees. Tradisi parade militer dalam memperingati hari besar kemerdekaan ini menjadi inspirasi bagi negara-negara lain.

Acara Kemerdekaan francis
by: forum kaskus


Yang jadi tradisi Prancis saat hari kemerdekaan

Parade militer dan pesta kembang api mejadi ritual yang wajib bagi warga Perancis. Mencoba sesuatu yang unik, masyarakat menghadiri salah satu pesta yang diadakan kelompok pemadam kebakaran. Ini adalah tradisi baru di Perancis, dimana stasiun pemadam kebakaran membuka pintu mereka bagi masyarakat untuk menari, minum dan menyanyi bersama. Petugas pemadam menggunakan seragam mereka dan seringkali mereka tampil secara langsung untuk menghibur pengunjung.


Ukraina: Berpakaian Tradisinal di puncak hari ulang tahun (24 Agustus)

Bangunan kuning dan biru menghiasi seluruh negri, menciptakan suasana yang meriah. Jalanan akan dipenuhi dengan orang-orang yang berdandan kostum tradisional Ukraina. Perayaan dimulai pada tanggal 23 Agustus dengan istilah Hari Bendera (Flag Day) untuk memperingati upacara pengibaran pertama bendera nasional di tahun 1990. Pada pagi hari di tanggal 25 Agustus, perayaan di ibukota ditandai dengan layanan di Katedral St Sophia di Kiev yang dihadiri Presiden Ukraina.

Acara Kemerdekaan Ukraina
by: Wikimedia


Kebiasaan Warga Ukraina pada Hari Kemerdekaan

Orang-orang mengenakan Vyshyvanka (pakaian tradisional Ukraina) dan bergabung dengan kerumunan di jalan Lviv, tempat budaya Ukraina. Berbelanja barang-barang tradisional Ukraina di Rynok Square, sebelum melanjutkan perjalanan ke festival folklore internasional yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan pameran tahunan serta bazaar makanan tradisional yang lezat.


Israel: Acara Keagamaan sepanjang hari

Sekali setahun, bangsa Israel berkumpul di Gunung Herzl Jerussalem untuk menghadiri upacara resmi. Acara ini menandai berakhirnya Yom Hazkaron (Memorial Day) dan awal dari Yom Ha'atzmaut (Hari Kemerdekaan) dengan menyalakan 12 obor sebagai lambang 12 suku Israel.

Masyarakat Israel merayakan hari deklarasi kemerdekaan dari Inggris dengan mengadakan jamuan keluarga, pesta musik dan doa bersama. Orang-orang juga berdatangan ke taman nasional.

Acara Kemerdekaan Israel
by: Flickr


Tradisi unik Bangsa Israel saat Peringatan Hari Kemerdekaan

Liburan hari kemerdekaan dianggap sebagai perayaan sekuler, dimana acara keagamaan diadakan sepanjang hari. Yang paling terkenal adalah Kuis Alkitab Internasional. Kompetisi ini digelar di kota Jerussalem, mengenai Alkitab Yahudi (Tanakh) yang melibatkan siswa sekolah menengah di seluruh dunia.


Peru: Melakukan Parade dengan kostum unik

Satu hari tidak cukup bagi rakyat Peru untuk merayakan hari kemerdekaan mereka, sehingga mereka mendedikasikan dua hari. Hari pertama tanggal 28 Juli dimana Jose de San Martin memproklamasikan kemerdekaan Peru. Hari kedua tanggal 29 Juli dimana Peru menjadi tuan rumah perayaan untuk menghormati angkat bersenjata dan polisi nasional.

Acara Kemerdekaan peru
by: wikimedia


Kemeriahan Peru saat Hari Kemerdekaan

Orang-orang tiba lebih awal di Miraflores, pusat kota Lima. Disana terdapat parade orang yang memakai kostum warna-warni disertai dengan alunan tabuhan drum yang enerjik.


Australia: Lomba Perahu

Festival, konser, pertemuan keluarga, piknik dan barbeque adalah perayaan khas yang dilakukan oleh warga Australia untuk mengingat protes pertama bendera Inggris di Sydney Cove.

Acara Kemerdekaan Australia
by: wikimedia


Keseruan di Australia saat Hari Kemerdekaan

Setiap kota utama di Australia memiliki cara unik tersendiri dalam merayakan hari libur nasional. Sydney melakukannya dengan lomba perahu terkenal di dunia. Perth dengan pertunjukan kembang api kolosal. Melbourne dengan acara Rakyat Maretnya untuk merayakan keberagaman bangsa. Selama itu, orang-orang berjalan bersama dengan kostum warna-warni untuk merayakan kesatuan Australia. Diseluruh negri, banyak diadakan konser-konser dengan berbagai genre.


Indonesia: Perlombaan Panjat Pinang (17 Agustus)

Di pagi hari, mata seluruh rakyat Indonesia berada di Istana Negara, dimana upacara bendera diadakan secara khidmat untuk menghormati republik. Siswa sekolah dari seluruh negri dipilih secara hati-hati oleh pemerintah untuk melakukan pengibaran bendera pusaka. 


Tidak hanya kalangan anak sekolah, tapi juga berbagai pegawai negeri, organisasi organisasi masyarakat tumpah ruah hadir di lapangan luas mengikuti pengibaran bendera merah putih.


Segera setelah upacara, warga biasanya turun ke jalanan untuk melihat pawai budaya dan menikmati konser musik.

Acara Kemerdekaan Indonesia
by: wikimedia


Keunikan khas Indonesia saat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan

Kegiatan lomba-lomba tradisional diadakan untuk memperingati hari kemerdakaan. Salah satu lomba yang terkenal adalah panjat pinang. Orang-orang ditantang untuk memanjat pohon palem yang telah diolesi minyak dengan harapan meraih hadiah yang telah ditempatkan di bagian atas. Panjat pinang melambangkan perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dari para penjajah.


setiap negara memiliki ciri khas masing-masing mengungkapkan kesenangan mereka, terutama untuk mengenang masa kemerdekaan.


Tahun ini memang menyedihkan suasananya, karena adanya pandemi covid-19, sebab tidak bisa meramaikan suasana kemerdekaan. bukan berarti tidak bisa mengungkapkan rasa senang tetapi dengan kecanggihan teknologi masa kini, kita masih bisa mengekspresikan HUT RI dengan berbagai cara tanpa dengan harus berkerumunan, misalnya dengan melakukan pembacaan UUD 1945 sendiri dan di sebarkan di media sosial.


akan unik dan terlihat bagus ide ini, sebagai bukti kita cinta tanah air. dengan media sosial tentu akan bisa menjangkau banyak orang dan menggugah semangat patriotisme banyak orang sekaligus memberikan dampak positif juga.


Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan.


Sumber: 
- Forum Kaskus
- Wikipedia
- Flickr
- max pixel
- Wikimedia

11 Negara dengan Perayaan Hari Kemerdekaan terpopuler di Dunia