3 Cara Perawatan Penyakit Kanker Payudara yang Paling Umum

Kata kanker sangat mengerikan ketika kita mendengarnya, ya. Memang benar, bahaya kanker sampai bisa menimbulkan kematian. terlepas dari jenis kanker yang ada pada penderita, tentunya yang paling perlu sorotan adalah kanker yang menyerang kaum wanita, yaitu kanker payudara.

Bagi wanita kanker payudara tentunya termasuk ke dalam salah satu penyakit yang paling menakutkan dan sebisa mungkin harus dihindari. Jenis kanker ini bisa dikatakan mematikan apabila sudah memasuki stadium lanjut alias sudah akut, sementara jika masih dalam stadium awal, maka kanker payudara ini masih memungkinkan untuk disembuhkan dan masih bisa diobati.

image by: pixabay

Gejala penyakit kanker payudara ini biasanya bisa dilihat dari terdapat ada benjolan pada bagian payudara, perubahan ukuran pada payudara, perubahan pada puting payudara, perubahan warna kulit pada bagian payudara dan lain sebagainya. Adapun cara perawatan kanker payudara ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut :

●    Lumpektomi (pengangkatan kanker payudara), lumpektomi ini biasanya dilakukan pada tumor yang masih dalam stadium awal ataupun tumor yang ukurannya masih kecil. Para ahli bedah biasanya akan menghilangkan tumor dan area kecil dari jaringan sehat di sekitar payudara.
●    Mastektomi atau biasa disebut dengan metode penyembuhan pengangkatan seluruh payudara ini adalah merupakan operasi untuk menghilangkan seluruh jaringan pada payudara lobulus, saluran ASI, jaringan lemak, dan beberapa bagian kulit di sekitarnya.
●    Pengangkatan kedua payudara, beberapa penderita kanker di satu payudara bisa memilih metode pengangkatan satu payudara lagi yang sehatnya, karena besar kemungkinan memiliki resiko yang sangat besar untuk mengembangkan kanker di payudara tersebut. Sebelum melakukan metode perawatan kanker payudara yang satu ini, sebaiknya pikir matang-matang terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter. 

Dan berbagai macam faktor penyebab dari penyakit kanker payudara ini sendiri biasanya diakibatkan oleh berbagai macam hal, seperti diantaranya seperti terkena efek dari paparan radiasi, faktor genetika, memiliki riwayat kanker payudara pada anggota keluarga, bertambahnya usia, menstruasi dini, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara untuk langkah pencegahannya sendiri adalah dengan cara melakukan pemeriksaan rutin atau melakukan mammogram setiap sebulan sekali untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang sedang berkembang dalam tubuh.

Dapatkan Informasi seputar penyakit kanker payudara dan penyakit lainnya pada wanita ini, dengan sangat lengkap dan lebih beragam, yang bisa anda akses dengan mudah melalui situs dan aplikasi kesehatan terbaik saat ini di Indonesia yakni di https://www.guesehat.com/. Yang mana bisa diakses melalui smartphone ataupun perangkat gadget lainnya yang anda miliki. Kunjungi sekarang juga ya !

3 Cara Perawatan Penyakit Kanker Payudara yang Paling Umum