Mengenal Fitur Online to Offline (O2O) pada Toko Online MatahariMall

Memang saat ini kita tidak asing saat mendengar istilah jual beli online, yang bisa memudahkan kita dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari. Dan tentu toko online juga beragam jenis dan banyak bisa kita jumpai, salah satunya MatahariMall yang sudah memberikan layanannya bagi masyarakat indonesia khususnya dalam hal penyedia barang secara online.

Sebagai toko online nomor satu di Indonesia, MatahariMall berusaha menghadirkan fitur terkini yang dapat memanjakan para penggunanya. Salah satu fitur terkini yang diluncurkan MatahariMall adalah Online to Offline. Apa itu fitur online to offline dan seberapa besar manfaat dari fitur ini?

source: pixabay

Apa Itu Online to Offline (O2O)?

Fitur Online to Offline (O2O) adalah fitur yang memungkinkan kita untuk berbelanja secara online namun melakukan pembayaran dan pengambilan barang secara offline atau dengan mengunjungi berbagai tempat yang telah ditunjuk oleh toko online MatahariMall. Beberapa lokasi tersebut diantaranya adalah :

  1. Matahari Department Store pilihan customer
  2. Kiosk O2O (Instan Pick Up)
  3. E-locker 
  4. POS Restan
  5. Indomaret Pick Up Point
  6. E-Store

Bagaimana cara kerja dari konsep online to offline (O2O)?

Pada dasarnya proses kerja dari konsep online to offline hampir mirip dengan berbelanja online seperti biasa. Untuk itu, berikut ini tahapan cara kerja konsep online to offline yang disadur dari website mataharimall.com

  1. Customer memesan barang di website mataharimall
  2. Pilih opsi pengiriman O2O dan tentukan lokasi pengambilan di MDS/KIOSK O2O/POS Restan/E-Store pilihan customer
  3. Pilih metode pembayaran : COD, kartu kredit, bank transfer
  4. Jika barang sudah siap diambil di lokasi pilihannya, maka customer akan menerima sms dan email konfirmasi.
  5. Customer silakan datang ke matahari department sore/kios pilihannya dan tunjukkan bukti email/sms ordernya ke petugas customer service. Untuk e-locker cukup masukkan nomor pinya dan loker akan dapat dibuka dan diambil barangnya.
  6. Barang dapat dibawa pulang.
  7. Belanja minimal Rp. 100.000,- dan diambil di O2O free ongkir maksimal Rp. 15.000,-

Apa saja kelebihan konsep online to offline?

Pada dasarnya konsep ini memiliki kelebihan yakni mengurangi potensi kesalahan pengiriman dari pihak kurir yang kerap kali terjadi pada pembelanjaan secara online. Kesalahan pengiriman memang kerap kali menjadi salah satu hal yang dikeluhkan banyak orang mengingat barang yang dikirim seringkali merupakan barang yang sangat penting dan dibutuhkan dalam waktu cepat. Toko Online MatahariMall menjawab keluhan tersebut dengan menghadirkan konsep online to offline yang dapat mengurangi potensi salah kirim dari pihak kurir.

Tak hanya mengurangi potensi salah kirim, konsep online to offline juga memudahkan Anda yang kerap kali bergonta-ganti domisili saat membeli barang secara offline. Ketika Anda menggunakan konsep online to offline, Anda dapat mengarahkan pengiriman Anda ke berbagai checkpoint pengiriman yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Hingga saat ini, total ada 200 lebih kios dan E-locker yang dapat menjadi tempat tujuan pengiriman barang Anda.

Apakah konsep online to offline menjanjikan keamanan dalam bertransaksi?

Konsep ini sangat mengedepankan keamanan dalam praktiknya karena proses pembayaran Anda lakukan saat Anda akan mengambil barang tersebut. Ketika Anda memesan produk melalui toko online MatahariMall, Anda akan menerima notifikasi bahwa barang yang Anda pesan telah dikirimkan. Kemudian, Anda dapat mengambil barang tersebut dengan membayarnya terlebih dahulu. Saat mengambil barang Anda harus menyertakan pin yang telah diberikan oleh pihak MatahariMall agar barang yang dipesan tidak jatuh ke tangan yang salah. Sehingga potensi barang Anda tidak diterima pun menjadi berkurang dengan adanya konsep ini.

Apakah barang yang dipesan melalui konsep Online to Offline bisa dikembalikan?

Ketika barang yang Anda terima tidak sesuai dengan pesanan, Anda dapat mengembalikan barang tersebut untuk ditukarkan dengan produk yang Anda inginkan. Caranya, Anda dapat mengunjungi elocker dan mengisi form pengembalian barang pada komputer yang tersedia. Kemudian, masukkan barang yang ingin dikembalikan pada loker yang telah disediakan. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu notifikasi perihal pengembalian barang yang telah Anda lakukan.

Saya kira dengan adanya sistem O2O ini akan sangat membantu konsumen lebih berani dan akan lebih mempercayakan diri untuk berbelanja ke MatahariMall.

Mengenal Fitur Online to Offline (O2O) pada Toko Online MatahariMall