5 cara menghasilkan uang dari internet

Cara menghasilkan uang dari internet sempat menjadi perhatian bagi banyak orang di tanah air saat ini, apalagi dengan banyaknya pemberitaan di media, baik televisi melalui acara talk show atau di media sosial dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, adalah bagaimana bisa uang bisa dihasilkan dari internet?

Bagi yang awam tentu tidak masuk akal ya...

Jelas tak masuk akal bila sepintas hanya berfikir pada hasil akhir, atau uangnya datang melalui internet. Maksud saya adalah memikirkan di hasilnya saja (sebut saja uangnya)

Dalam tulisan ini tidak akan menekankan pada sisi prosesnya, tapi memberikan gambaran, informasi dan jenis bisnis online (sarana untuk menghasilkan uang dari internet) yang mungkin bisa jadi salah satunya jodoh dengan takdir anda.

Ada banyak cara untuk bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet, seperti halnya saat ini saya sedang menggelutinya.

Bila saat ini anda seorang Pedagang, pelajar, mahasiswa, Pegawai negeri sekalipun bisa mempraktekkannya.

Kenapa?

Sebab pada umumnya metode cara menghasilkan uang melalui internet, bisa dilakukan tanpa diikat waktu, bisa dilakukan pagi, sore atau malam bahkan seenaknya kita.

Jelas ini tergantung pada keinginan kita, mau sebesar apa penghasilan dari internet yang ditargetkan.
Hal penting ketika anda ingin mencoba dan sedang atau mau serius mencari uang melalui internet adalah “jangan berfikir dapat uang dengan cepat”. Karena pada dasarnya, proses adalah hal yang perlu diingat, sama seperti halnya ketika kita melakukan bisnis di dunia nyata.

Saya kira anda memahaminya.

Kenapa harus seperti itu? (jangan ingin instan)

Bila mencari jenis bisnis online yang cepat kaya, tentu berpeluang mendapatkan jenis bisnis yang berpotensi ke arah penipuan.

Nipu??!

Banyak, banyak sekali jenis bisnis yang menawarkan kita untuk bisa cepat menghasilkan uang di internet dengan singkat. Maka di awalnya tetap berpegang pada proses dan jenis bisnis itu sendiri.

Yang benar benar menghasilkan, ada?!

Banyak...

Perbandingan antara jenis bisnis online yang tipu tipu dengan real, pastinya banyak yang lebih ke arah scam atau tipu tipu. Alasan yang logisnya adalah dengan media yang cepat menjalar ke semua orang dan tanpa bertatap muka, mereka (pelaku tipu tipu) melancarkan tipu tipunya.

Jadi di awal kita harus berpikir bahwa untuk mencari peluang bisnis online di internet Jangan berpikir bisa mendapatkan uang dengan cepat, yang kedua adalah memilih jenis bisnis online yang ada saat ini harus benar-benar memberikan jaminan bahwa itu adalah jenis yang tidak tipu-tipu.

Tapi tenang saja dari sekian banyaknya jenis yang ada di internet bisnis yang merupakan bisnis online bisa menghasilkan uang banyak dan sudah terbukti dirasakan oleh para internet marketer di Indonesia titik salah satu contoh yang bisa saya berikan adalah seorang Youtuber sekaligus dia adalah seorang komika tentu anda juga mengetahuinya dia adalah Raditya Dika.

Tidak akan memperjelas lebih lanjut tentang dia tetapi ini menjadi gambaran bahwasanya orang yang sukses melalui internet banyak di Indonesia.

Bila seandainya Anda ingin membuktikan Coba saja anda mencari di Google dengan kata kunci youtuber sukses atau blogger Sukses Indonesia.

Sama halnya ketika kita bekerja di dunia nyata atau offline biasanya kita seorang pedagang tentu ada proses jual beli dan transaksi begitu pula di dunia Internet sama pada prosesnya.

Oleh karena itu waktu akan berjalan seiring dengan kegiatan kita melalui bisnis online tersebut.

Disini Saya akan memaparkan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui blog
menghasilkan uang dari internet

Cara menghasilkan uang dari internet

#1. Jual Produk Buatan sendiri

Ini jenis bisnis yang prosesnya hampir sama dengan di dunia nyata, namun blog menjadi perantara publikasi atau media informasinya.

Potensinya akan terukur.

Ukuran ini bisa dilihat dari kesesuaian antara orang yang membutuhkan barang yang akan kita jual dengan pengunjung.

Misalkan anda menjual baju, dan di blog anda membuat konten terkait baju, dan menawarkan jenis baju yang anda ingin jual, pengunjung pastinya sudah jelas adalah orang yang mencari baju, tidak mungkin sedang membutuhkan HP.

Hukum ini sudah mutlak, karena search engine akan menampilkan konten terkait dengan kata kunci yang di cari pengguna internet, baik melalui HP atau PC nya.

Jelas ya...

Jadi, bila saat ini anda berfikir tentang apa yang bisa dihasilkan dari Blog, ya salah satunya menjual Produk anda sendiri.

Bagaimana bila anda sudah membuat blog, dan tidak mempunyai produk, tetapi ingin menjual produk orang lain?

Ini namanya jenis bisnis affiliasi, yang akan anda temukan penjelasannya di bawah (poin #4).
Coba lihat situs mataharimall, tokopedia dan lain lain.

Itu merupakan jenis atau media pemasaran produk seseorang kepada masyarakat melalui blog, tetapi dalam ukuran besar, yang biasa disebut dengan e-commers.

Alternatif lain yang memang anda ingin menjual produk sendiri, dengan bermodalkan suatu keahlian, bisa menggunakan jenis bisnis jual jasa langsung atau tidak langsung.

Dalam hal ini anda misalnya memiliki keahlian bisa mendesain rumah, maka anda tinggal membuat desain rumah sebanyak mungkin dan kemas dalam bentuk digital, atau dalam bentuk CD atau video cara membuatnya. Nanti anda bisa menawarkannya di blog pribadi anda.

Jenis produk ini bisa disebut produk digital (seperti video tutorial, hasil karya sendiri dsb).

#2. Publisher

Kata publisher apakah asing bagi anda?

Publisher sudah menjadi istilah di kalangan para blogger, dimana para blogger menggelutinya dengan bekerja sama dengan salah satu perusahaan adertising atau pihak ketiga yang menjembatani untuk bisa menjadi rekanannya.

Google adsense...

Ya, salah satunya adalah publisher adsense. Seperti saya, yang merupakan publisher google adsense.
Selain dari adsense tentu banyak lagi tempat yang bisa menawarkan dan memberikan kita kesempatan untuk jadi publishernya.

Bagaimana penghasilan menjadi publisher?

Besar?

Ya?

Kecil? Ya...

Bisa besar uang yang dihasilkan dari internet menjadi publisher, bahkan sangat besar dan juga bisa sangat kecil, tergantung sejauh mana kerja keras kita dalam mengelola blog sebagai publisher.

Pada jenis bisnis online ini pengunjung jadi tolak ukurnya, artinya tidak akan bisa mendapatkan income bila pengunjung blog kita sedikit.

Untuk bisa menghasilkan uang banyak menjadi publisher mutlak harus mengoptimalkan blog agar banyak pengunjung.

SEO metode yang tepat untuk meningkatkan pengunjung atau traffik pada blog kita.

#3. Jual Jasa/Keahlian

Dengan sarana blog yang sudah anda miliki ini bisa dimanfaatkan untuk menjual jasa atau keahlian yang anda miliki. Misalnya anda memiliki keahlian berbahasa inggris, maka tidak salahnya anda membuat blog kursus berbahasa inggris secara online, dan atau keahlian lainnya.

Tinggal tulis apa saja keahlian yang anda miliki.

Mengenai tarif, bisa anda sesuaikan dan ini memang akan sangat membantu orang lain di luar sana serta berpeluang besar bagi anda mendapatkan uang dari internet dengan menjaul jasa keahlian sendiri melalui internet dengan sarana blog anda.

Dari ketiga jenis bisnis online di atas, apakah sudah ada salah satu pilihan untuk anda?

Tenang, walaupun anda sudah merasa cocok akan menjalani atau mencoba di salah satunya, ada beberapa lagi yang bisa anda temukan di bawah ini, stay membaca sampai beres ya...

#4. Affiliasi

Produk tidak punya, keahlian kurang dan mendaftar di adsense selalu di tolak, nah mungkin di jalur affiliasi akan bisa cocok bagi anda.

Affiliasi kalau saya katakan seperti jasa penghubung, sehingga atas transaksi yang terjadi akibat hubungan pihak satu (penyedia affiliasi) dengan konsumen (pihak ke tiga) baru kita mendapatkan komisi.

Ilustrasinya: anda menawarkan produk orang lain/perusahaan tertentu, dan ada transaksi atau referensi anda maka anda mendapatkan uang disana.

Dengan sarana blog, menghubungkan antara calon pembeli dengan pihak penjual melalui link yang anda pasang, baik itu melalui tek atau gambar.

Setiap blogger berbeda beda dalam mengoptimalkan banyaknya pembeli pada promosinya.
Pengunjung dan pengunjung yang intinya.

Namun, dalam kebanyakan kasus kurang beruntungnya kita sebagai blogger ketika menjadi affiliate (sebutan seorang yang beraffiliasi) adalah tidak adanya transaksi.

Anda berminat menjadi seoranf affiliate?

Banyak tempat yang memberikan peluang untuk bisa mendapatkan komisi uang baik luar negeri atau dalam negeri, misalkan di Amazon, Ebay, Lazada, Ratakan dan masih banyak lagi.

Untuk mencari lebih banyak lagi anda bisa mencarinya di google dengan cara mengetikan “affiliate program” di google atau search engine anda.

Yang disebutkan di atas saya contohkan peluang affiliasi di toko online, sebenarnya selain itu ada banyak.

Silahkan anda tentukan sendiri.

Yang harus anda perhatikan ketika ingin jadi affiliasi, agar optimal maka strateginya adalah tentukan dulu kategori produk yang akan anda tawarkan kepada pengunjung blog anda, karena ini akan berkaitan dengan topik blog.

Misalkan anda ingin menjadi affiliasi toko Baju, tentu yang sangat baik blog anda harus bertopikan baju.

Lebih spesifik akan lebih mendapatkan peluang besar mendapatkan uang di affiliasi

#5. Review Produk Orang/Perusahaan

Saya pernah mendapatkan projek dari sebuah perusahaan untuk mereview perusahaan dan produknya untuk dipublikasikan di salah satu blog saya.

Bayarannya saya sendiri yang mentarifnya.

Apakah anda ingin seperti ini?

Tentu tidak semua blogger pernah mendapatkan tawaran seperti ini, tergantung dari penilaian perusahaan itu sendiri.

Jenis penghasilan ini tentu berbeda dengan jenis jenis sebelumnya, dimana akan sangat terukur dan jelas mendapatkan sesuai dengan keingin kita.

Bagaimana caranya?

Kualitas tulisan atau konten yang kita buat adalah awal mulanya.

Jadi bila anda dari kesemua jenis bisnis online yang ada saat ini tidak sama sekali menghasilkan uang bagi anda, maka terus asah kualitas membuat konten dalam blog anda.

Tentu setiap orang berbeda beda rezekinya. Mungkin bila anda suatu saat ada tawaran review produk atau perusahaan dan lain sebagainya.

Fokuslah untuk memproduksi konten yang berkualitas dan membantu orang banyak.

Itulah lima jenis bisnis internet yang bisa anda jadikan cara menghasilkan uang di internet.

Dikesempatan lain saya akan coba membagikan jenis bisnis online yang bisa menghasilkan uang.
Semangat para blogger...

5 cara menghasilkan uang dari internet