Tips membangkitkan semangat menulis

Saat ini anda sedang membuka halaman tentang bagaimana caranya agar semangat menulis bisa terjaga setiap hari. tulisan ini dilatar belakangi atas dasar bahwa saya sendiri dengan waktu ngeblog sudah lama tetapi semangat menulis disadari merosot menurun bahkan terkadang full di waktu satu bulan tidak menulis.

nah, kiranya ada beberapa saran yang bisa saya bagikan disini untuk rekan rekan yang ingin menjaga agar selalu bisa bersemangat dalam menulis blog.

untuk bisa mood menulis setiap saat terjaga, perlu melakukan cara cara tepat seperti mengamati lingkungan sekitar, rajin membaca dan masih banyak lagi.

secara garis besar faktor semangat menulis turun drastis bisa terjadi karena kesibukan lain, penghasilan menulis tak kunjung datang atau tidak sesuai dengan harapan.

apakah sama rekan rekan disana semangat menulisnya tidak stabil?

memang ironi, seperti saya yang nota bene passionnya di menulis, tetapi tetap saja rasa malas selalu menghinggap.

berikut ini mungkin bisa jadi pegangan bagi rekan penulis sekalian yang mau membangkitkan kembali atau menjaga mood menulis tetap terjaga.

Tips membangkitkan semangat menulis

#1. Kembali ke tujuan awal

Tujuan seseorang dalam melakukan sesuatu tentu akan jadi ukuran selanjutnya, termasuk dalam hal tujuan anda, saya atau semua penulis ketika memutuskan dan menggali potensi dalam diri sebagai penulis.

beda lagi dengan orang yang tidak dalam lingkaran sebagai penulis.

sebagai penulis di tuntut memiliki pemikiran yang dalam dalam memandang fenomena dan masalah yang ingin di ulas dalam tulisannya.

tujuan awal sebagai penulis, bisa ditanyakan dalam diri sendiri, apakah itu untuk mendapatkan penghasilan, atau ingin menyalurkan hobi, atau hanya sebagai ajang main main saja atau iseng.

bila anda sebagai penulis di awal cerita untuk menjadikan diri sebagai penulis blog, media online, penulis buku dan lain sebagainya adalah untuk menyalurkan hobi sekaligus menjadikan peruntungan mencari uang, maka inilah yang harus di pegang teguh.

ketika merasa bosan dan jenuh dalam menulis, apalagi dituntut deadline dalam menulis, patokan yang bisa dijadikan sebagai pembangkit semangat menulis adalah niat awal atau keinginan di awal.

pola fikrinya adalah, kita harus bersyukur ketika sebagai penulis sudah melekat dalam diri sekaligus bisa menyalurkan hobi dan juga mendapatkan penghasilan, di sisi lain orang lain belum tentu bisa seperti kita.

kata kuncinya adalah kita menulis untuk masa depan kita berdasarkan niat di awal.

#2. Jangan tergantung pada sesuatu (penghasilan)

ini yang menjadi pengganggu dalam hal semangat menulis, yakni dituntut untuk bisa mendapatkan uang atau penghasilan.

ya, memang tidak disalahkan

penghasilan adalah tolak ukur pertama bagi para penulis profesional, berbeda dengan seseorang yang menjadikan tulisannya sebagai saluran hobi dengan uang sebagai manfaat lain atau bukan hal yang utama dalam menulis.

oleh karena nya tetaplah konsistensi menjaga mood menulis harus berdasar pada passion diri sendiri atau keinginan dalam diri kita.

adapun penghasilan akan datang dengan sendiri setelah kita melakukan hal hal yang terbaik dalam menulis.

#3. Lakukan update informasi

Penulis itu ibaratnya sebagai penerus atas fenomena atau kejadian yang ada melingkupi fakta atau yang lainnya dengan pandangan tersendiri untuk disajikan kepada pembaca agar orang lain bisa mendapatkan manfaat dan informasi.

terkait informasi yang didapatkan orang lain dari kita (penulis) maka sebisa mungkin selalu update informasi yang ada, sesuai dengan passion bidang tulisan kita.

ketika kita selalu memperbaharui informasi setiap saat bisa memunculkan mood menulis untuk dituangkan dalam sarana tulisan anda.

saat ini untuk bisa mendapatkan informasi sehingga kita kaya informasi bisa dengan membaca di internet, berita di tv atau di lingkungan sekitar.

Pokoknya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari informasi

#4. Sering seringlah berkomunikasi dengan penulis lain

berkomunikasi dengan penulis lain adalah cara terbaik untuk menjaga mood menulis, sebab dalam percakapan akan membangkitkan semangat tersendiri.

ketika teman penulis lainnya menceritakan pengalaman menulisnya membuat diri kita secara sadar tergugah untuk menulis, bahkan bisa bisa ingin menjadi penulis lebih baik lagi.

#5. Evaluasi tulisan

tulisan yang sudah di buat, hendaknya bisa jadi acuan untuk menulis kedepannya.

sekaligus bisa memicu diri kita untuk meningkatkan semangat dan kualitas menulisnya.

apapun tulisa yang sudah di buat, alangkah lebih baik untuk di baca kembali dan lakukan evaluasi.

#6. Hindarkan kebiasaan malas

Malas, malas dan malas adalah penyakit tersendiri dalam diri seseorang. kenapa kita menjadi tidak mau menulis karena malas.

kemalasan wajar saja terdapat dalam diri kita, sebab itulah rintangannya. untuk menghilangkan rasa malas tadi bisa anda lakukan tips di awal tadi.

#7. Jangan tergoda hal hal lain

yang bisa menggoyahkan rasa semangat dalam menulis bisa terjadi ketika ada hal hal lain yang membuat kita tergoda, seperti ada peluang baru yang belum tentu bisa memberikan penghasilan bagi kita.

pernahkah anda merasakan hal ini?

tida salah memang, bila anda memulai melirik hal itu.
tapi harus selalu punya pegangan terhadap tujuan utama anda dalam menulis.

dari ke tujuh yang ada di atas menjadi ukuran dan daftaran untuk dihindari dan dilakukan untuk rekan semua, ini sudah dirasakan dan dialami oleh saya sendiri.

semoga bisa menjadi inspirasi dan membuat semangat menulis anda terjaga dan sesuai dengan harapan dalam menunjang penghasilan anda dalam menulis.

sampai jumpa di tulisan selanjutnya. salam sukses!

Tips membangkitkan semangat menulis