Cara cek link error mati di blog

Link error atau disebut juga broken link merupakan tautan yang mati atau tidak ditemukan, yang berdampak pada menurunnya performa blog.

Memeriksa link error secara rutin adalah wajib sifatnya.

Kenapa?

Selain performa blog menurun drastis juga memberikan dampak terhadap otoritas dari blog itu sendiri, misalnya anda di tolak google adsense. Jangan salah adanya link yang mati salah satu kriteria kenapa di tolak adsense.

Dan yang paling penting mengganggu kenyamanan pengunjung blog kita yang pada akhirnya akan enggan datang lagi ke blog anda

Terkadang kebanyakan blogger malas untuk memeriksa link yang ada di blognya, padahal ini sangat fatal akibatnya apalagi posisi blog sedang dalam peringkat yang jelek dimata google.

Ciri ciri adanya link yang broken di blog, misalkan ketika anda mengklik tautan dalam konten dan terbuka menuju laman “page not found” atau tidak ada konten di link tersebut.

Jadi sangat penting untuk diperbaiki link mati ini, apakah itu dengan menghapusnya atau menggantinya dengan link yang sesuai dengan target.

Maka, untuk mengetahui seberapa banyak link yang mati di blog kita harus mengambil tindakan dengan cek link error melalui tool khusus.

Aktifitas pengecekan link error (broken link) ini seharusnya rutin minimal satu bulan sekali.

Penyebab link Error atau broken link

pada link internal bisa disebabkan karena link yang tertanam strukturnya sudah berubah seiring dengan perubahan judul pada konten. Ini berasal dari settingan pengaturan URL nya secara otomatis.

Pada link yang menuju keluar ini mungkin terjadi karena keberadaan situs rujukannya sudah off atau di tutup. Kalau berganti nama, masih bisa sebab pengelola situs rujukan akan mendirectnya.

Disini saya ingin berbagi cara sederhana mengenai cara cek link error melalui broken link checker.

Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendeteksi link error saat ini, namun agar lebih mudah lebih baik menggunakan tempat ini saja.

Kenapa mengajak memakai tool ini?

  • Sebab mudah untuk digunakan serta khusus untuk mengecek link yang error.
  • Free alias gratis untuk digunakan
  • Langsung bisa dipakai tanpa register atau daftar dulu
  • Hasil yang di tampilkan akurat serta penelusuran link yang mati bisa langsung terlihat dan terdeteksi


Langkah langkah cek link error memakai Broken Link Checker


#1. Silahkan kunjungi situsnya brokenlinkcheck.com

#2. Ada kotak tempat input identitas blog, masukan alamat blog
cek link error


#3. Ketikan kode pengaman sesuai gambar


#4. Disarankan klik pilihan kedua pada Report all occurrences of each dead link (may be slower)
tekan Find broken links now !

#5. selesai

tunggulah sampai beres berjalan toolnya, hingga ada tampilan “STATUS COMPLATED”
baik, hasil dari pencarian link yang mati pada blog anda ada ada dua kemungkinan yaitu 0 link yang mati atau banyak link error.
tidak ada link mati



Untuk tidak adanya link yang mati tentu ini kabar gembira, namun bila banyak link mati yang harus dilakukan adalah memperbaikinya.

terdeteksi link broken


Tahapan yang harus dilakukan ketika ada link yang error terdeteksi


Ada 4 kolom yang tampil, yaitu nomer, link atau url, page where found dan server respon
Lihat di kolom ke tiga di dalamnya ada Url dan Scr, lakukan pengecekan melalui url pada kolom page where found yang akan megantarkan kita menuju halaman yang ada link errornya pada blog.

Bila mengklik Scr, ini bertujuan untuk menjelajahi sumber halaman yang mati dan ini akan langsung di bawa ke halaman kontennya mode html.

Nah yang paling jelas terlihat adalah dengan menggunakan scr sebab akan langsung terlihat dengan tanda warna merah jambu, nah itulah link yang error atau mati. Maka langsung anda lakukan pengkoreksian

Lakukan sampai semuanya selesai di perbaiki satu persatu.

Bila sudah selesai, ulangi untuk memastikan sudah tidak ada link error seperti tadi.

Nah itulah cara yang simpel mudah dan cepat untuk mengetahui link mati atau error pada blog.

Ini adalah salah satu upaya untuk mengecek kesehatan blog kita, sama halnya seperti kita manusia yang harus cek kesehatan agar keadaan badan prima.

Blog juga demikian, harus tetap terjaga kondisinya. Selain pengecekan link mati atau tidak dalam blog juga harus melakukan pengecekan pengecekan lainnya seperti cek skor SEO, cek plagiat, cek ranking dan masih banyak lagi.

Kesemua pengecekan ini bermuara pada optimalnya blog dan juga membantu untuk mengoptimalkan search engine atau menambah daya dongkrak seo.

Jangan lupa ini anda lakukan cara cek link error atau broken linknya setiap satu bulan minimal atau bisa juga satu minggu sekali.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat dan bisa menaikan performa blog anda.

Cara cek link error mati di blog