Uang dari Blog? Bohong! Nyatanya BACA ini

Hai sahabat! pernahkah anda membaca artikel:
penghasilan dari ngeblog?
uang dari blog?
Mendapatkan dollar dari ngeblog?
dll.

Artikel pertama setelah saya melakukan pengalihan nama blog ini sengaja di awali dengan kalimat berupa pertanyaan tentang penghasilan dari ngeblog dan dibuat dengan judul Uang dari Blog? Bohong! Nyatanya BACA ini dengan tujuan tanpa bermaksud menyudutkan dan memberikan pandangan negatif kepada para master blogger (Pro Blogger) di tanah air tetapi dalam artikel ini saya hanya ingin berbagi pengalaman yang saya alami selama beberapa tahun menggeluti blogging.

uang dari blog


Salah Faham
Pertama awal mula saya bermaksud ingin mengelola blog adalah karena tergiur dengan adanya bukti penghasilan blogger dari google adsense, baik melalui blognya atau dari interaksi langsung dengan orangnya. Kemudian, saat itu saya langsung mencari cari materi (ebook), video tutorial dll tentang cara mengelola blog sampai bisa menghasilkan uang. tanpa alur yang sistematis dan tidak tahu dari mana harus dilakukan, saya terus mencari semua hal terkait dengan blogging hingga file hasil pencarian ini mencapai puluhan giga saya dapatkan dari internet berbahasa indonesia dan inggris, tetapi ironinya semua materi yang ada ini hanyalah file yang tertimbun dalam memori laptop saya di sisi lain blog saya terbengkalai tanpa ada kejelasan.

hingga pada titik jenuh datang, saya tinggalkan dunia blogging yang sempat saya buat blog hingga puluhan blog saya buat.

Memang disisi ketidaktahuan dari mana awalnya dan bagaimana caranya, beberapa tips dan saran bagi rekan yang ingin membangun atau sedang mengelola blog

#1. Keliru dalam Niat
"uang dari blog" adalah kata pertama yang muncul di fikiran saya saat awal awal ingin membuat blog.

ternyata salah!

nyatanya, mendapatkan uang dari blog itu hanya bagi para blogger yang sudah berdarah darah mulai dari pengorbanan waktu, tenaga, fikiran dan uang.

Disisi lain ada juga blogger yang mengandalkan sarana gratis yang disediakan google misalnya, bisa mendulang hasil dapat uang dari blog.

semua itu bergantung pada niat di awal.
sejauh mana ketertarikan anda pada dunia blogging atau dalam hal menulis, sebab inti dalam ngeblog adalah penyajian konten dalam bentuk tulisan (mayoritas, tapi ada juga bentuk gambar/foto atau video).

sarannya adalah, niat yang mana akan anda katakan dalam hati ketika akan membangun blog?

coba anda pilih list di bawah ini:
1. menyalurkan hobi?
2. mengisi luang waktu?
3. mencari peruntungan (orientasi penghasilan)?
4. iseng?
5. ikut ikutan
6. dll.

pasti dari daftar di atas tergantung pada diri anda sendiri, tapi catatan pentingnya adalah ketika anda sudah menentukan niat maka akan menentukan juga pada asil akhirnya.

tapi, jangan takut untuk mencoba, ketika mulai memiliki ketertarikan pada dunia blogging.

Untuk hasil akhir "mendapatkan uang dari ngeblog" pada akhirnya akan didapatkan oleh blogger yang benar benar serius.

Awali niat yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam ngeblog.

#2. Pandangan yang tidak tepat
banyak yang tidak percaya bahwa ada banyak orang yang berhasil mendapatkan penghasilan dari ngeblog. karena memang, ketika untuk meyakinkan susah untuk menjelaskan, berbeda ketika mengetahui seseorang dapat penghasilan besar dari bisnis, dagang dan lain lain di dunia offline.

pada sisi seorang blogger yang baru memulai membuat blog, pandangan dan prasangka terhadap terwujudnya penghasilan dari blog terkadang tidak tepat.

misalkan suatu ketika saat membuka facebook, ada yang nge share penghasilan dari adsense, sampai mencantumkan nominalnya baru tertanam semangat yang menggebu gebu.

#3. Ikut ikutan (tidak fokus)
"fokus" kata ini menjadi salah satu dari faktor yang menjadi kesuksesan dalam ngeblog, banyak para pro blogger yang sudah berhasil di negara kita memberikan saran untuk fokus.

fokus artinya jangan melirik sana sini, jangan pegang sana sini.
misalkan anda baru pertama ingin membangun blog tentang kesehatan, maka harus fokus pada nice anda, jangan sampai di tengah jalan sedang mengurusi blog kesehatan tiba tiba ada informasi di grup salah satu anggota nge share begitu menggiurkannya penghasilan yang di dapatkan dari blog nice pendidikan, kemudian anda ikut ikutan mencoba membuat blog nice pendidikan, alhasil "no fokus" muncul, dan seiring waktu akan membiaskan semangat anda serta blog yang anda urus sebelumnya tidak maksimal keurus.

So, fokus, fokus dan fokus.

#4. Manajemen waktu ngeblog
Niat sudah benar, memiliki harapan yang kuat serta sudah berupaya untuk fokus, maka tinggal anda mengatur waktu dalam mengelola blog dengan tepat.

ada banyak blogger yang kenyataanya mereka sebagai sambilan, atau menyalurkan hobi, karena memiliki pekerjaan di dunia offline, dan berhasil karena bisa mengatur waktu dalam mengelola blognya.

coba anda untuk melakukan percobaan dalam sehari bagaimana dan kapan yang tepat untuk mengelola blog. apa bila saat ini sudah mendapati itu, tinggal anda jalankan dan konsisten dan fokus.

dengan tidak terbatasnya seseorang yang ngeblog apakah dia seorang karyawan, ibu rumah tangga dan lain sebagainya dunia blog terbuka dan bisa dilakukan siapa saja.

Buat porsi waktu yang tepat untuk mengelola blog yang bisa anda lakukan dalam sehari kalau seandainya anda tidak full time, apakah 30% waktu dalam sehari anda gunakan untuk ngeblog, atau 40%. (4 jam misalkan).

Jalan menuju kesuksesan terutama bisa mendapatkan uang adalah upaya yang tepat dalam menjaga ketahanan untuk bisa mewujudkan hajat anda.

uang, uang dan uang memang kita perlukan, tapi jangan sampai uang menjadi patokan.

terutama dalam membangun blog, mendapatkan uang harus di kesampingkan dulu yang penting adalah memiliki tekad dan niat yang benar dalam memulai serta bisa fokus dan tepat mengatur waktu dalam mengelolanya.

ketika semua itu sudah benar dilakukan alhasil uang bisa didapatkan, ada banyak sumber penghasilan dalam mengelola blog, seperi:
ikut program PPC, affiliasi, jual produk sendiri dan masih banyak lagi.

kalaupun seandainya merasa belum mendapatkan uang dari ngeblog, paling tidak dengan niat dan tekad yang benar rasanya akan sangat menyenangkan.

jadi...

"uang harus jadi penyemangat, bukan sebagai tolak ukur dalam ngeblog." (www.kangmufti.com)

dari 4 hal yang bisa saya share di atas secara garis besar atas pengalaman pribadi dan perjalan dalam mengelola blog, so kini saatnya anda tinggal mengambil aksi.

semoga bermanfaat...

Uang dari Blog? Bohong! Nyatanya BACA ini