Wasiat bagi Blogger Newbie (sebelum terlambat)

Fenomena blogging memang menjadi salah satu primadona dikalangan orang setelah banyak pemberitaan di media mengenai profil youtuber yang sukses dengan penghasilan yang besar.
mencari uang dari Blog
Blogging

Seiring dengan hal tersebut, maka kemudian orang mencari tahu mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari internet termasuk dari youtube media sharing video. Alih alih dalam pencarian itu, ketemulah istilah blogging yang menjadi salah satu tempat untuk bisa mendapatkan uang dollar atau rupiah dengan prasangka mereka tanpa modal.

sengaja dalam tulisan ini saya membuat judul agak beda untuk memberitahukan berbagai hal yang bisa dikatakan sebagai hasil uji dan pencarian saya mengenai "ngeblog untuk mendapatkan uang".

panjang bila mengulas latar belakang orang melakukan kegiatan blogging ini, namun pada intinya beberapa poin yang akan anda baca pada tulisan ini tersusun di bawah ini.

Dasar dasar Blogging

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab dalam hati atau juga bisa anda catat berkenaan masa depan anda dalam dunia ngeblog:
  1. Apa Blog itu, dan untuk apa?
  2. Darimana sumber konten untuk blog saya?
  3. Bagaimana agar bisa membuat blog secara cepat?
  4. Darimana saya harus memulainya?
  5. Apa yang harus dipersiapkan sebelum masuk dunia blogging?
  6. Kepada siapa saya berguru tentang blogging?
  7. Bagaimana mengelola blog yang benar?
  8. Akankah saya mengeluarkan modal?
  9. Apa tujuan saya dalam ngeblog?

9 point pertanyaan ini paling tidak menyiratkan saya saat awal awal hingga sampai sekarang menggeluti dunia ngeblog. tentunya akan sangat berharga bagi anda yang memang baru mengenal dan ingin mencoba ke dalam keluarga blogger.

Nah, kiranya anda akan menjawab sendiri mengenai pertanyaan di atas.

karena sampai saat ini saya pribadi jujur terkait ngeblog ini masih belum menemukan data empiris dan terstruktur yang bisa didapatkan dari seseorang yang kopenten di bidang ini sebab dalam blogging banyak hal yang harus diperdalam bila seandainya tujuan kita dalam bloggingnya menargetkan penghasilan.

Namun, untuk anda yang hanya sebatas menyalurkan hobi dalam ngeblog tentu akan sederhana pola fikirnya, yaitu:

1. Membuat Blog di CMS gratisan
2. Menulis atau membuat konten sesuai apa yang diinginkan tanpa melihat kepentingan pengunjungnya
3. Tidak dikejar updating konten.

Mengapa saya tidak memberikan gambaran terkait pertanyaan yang ada di atas, ini sengaja sebagai gambaran dan rangkuman terkait pandangan dasar dari blogging.

Baik, selanjutnya akan lebih mendalam terkait wasiat ini, lanjutkan anda membaca poin selanjutnya


Berfikir salah tentang ngeBlog

Ya, ada yang salah dalam pola pemikiran saya ketika dulu awal menemukan informasi terkait ngeblog yang menyebutkan bahwa dengan membuat blog itu bisa mendapatkan penghasilan uang setiap bulan.

dan yang lebih parah ketika di awal saya terjun, mendapati informasi ada seorang blogger muda di tanah air ini yang sudah rutin gajian dari blog hingga nominalnya mencapai 9 digit.

Bagaimana tidak menggiurkan, dan ditambah ada informasi tidak mengeluarkan modal lagi, tambah bersemangat.. Nah, andai pada saat ini anda mengalami hal ini, disarankan untuk tidak terlalu jauh perfikir mengenai hasil akhir dari ngeblog, tetapi harus memikirkan bagaimana kita memantaskan dulu diri kita agar paling tidak bisa memiliki kemampuan sama dengan blogger sukses yang ada itu.

Pola Fikir Blogger Pemula yang salah

1. Berfikir pasti bisa mendapatkan penghasilan
2. Ngeblog itu tidak mengeluarkan modal
3. Cepat mendapatkan uang
dll.

Penghasilan dalam mengelola blog itu adalah akibat bukan tujuan, karena kebanyakan blogger yang gagal di tengah jalan itu disebabkan karena mengejar penghasilan tanpa membuat kemampuan ngeblognya terus diasah dan belajar terus sehingga tidak mendapatkan apa apa.

Mending yang berhent total, ini yang parah adalah mencuri konten orang dengan copy paste sana sini demi mengejar kuantitas postingan. [sangat salah sekali]

Saya masuk dunia blogging sudah hampir 8 tahun sampai saat ini, dan karena dengan beberapa pemikiran yang salah ini membuat tidak karuan ujungnya, tetapi seiring dengan waktu terus memperbaiki apa yang salah ini, so...

walaupun sampai saat ini anda yang baru memulai membuat blog, jangan berorientasi pada penghasilan dulu, yang harus anda lakukan adalah:
Perdalam terus apa yang dibutuhkan blogger dalam mengelola blog agar bisa memberikan manfaat positif kepada pengunjung
saya ibaratkan dalam sebuah kebaikan yang saya yakini, menyebutkan bahwa dengan menabur benih kebaikan kepada orang maka kita akan mendapatkan 70 kebaikan pula.

Karena dalam blogging itu yang terlibat langsung manfaat dari konten kita adalah pembaca maka, paling tidak apa yang dituliskan memberikan jawaban dan benar benar bermanfaat.

Tak ada yang telat untuk membuat kita bisa berkualitas untuk membuat konten, mengelola kemampuan blogging karena semuanya bisa didapatkan melalui internet ini.

dan, mudah mudahan anda bisa berguru langsung kepada mereka yang pro blogger dan sudah terbukti sukses secara finansial.

Saran bagi blogger pemula

Perkembangan yang begitu pesat pada dunia internet sebagai media informasi yang bisa didapatkan oleh siapa saja memungkinkan orang mendapatkan pula apa yang diinginkannya dan juga terkait dengan blogging sebagai sarana untuk membuat informasi tersampaikan dari para blogger, maka tentu tidak akan menjadi rugi bagi penyampai berita atau informasi sejauh yang disampaikan bermanfaat dan dibutuhkan orang.

Untuk saya secara pribadi dan mudah mudahan ada manfaat bagi anda, di bawah ini ada saran yang paling dan terpenting untuk blogger pemula yang ingin masuk dunia blogger:

1. Jangan melihat nominal/finansial blogger sukses
2. Lakukan ngeblog atas dasar memberi manfaat
3. jangan berfikir tidak mengeluarkan modal
4. buat blog sesuai dengan tema yang ada dalam diri anda
5. terus membuat konten yang bermanfaat
6. Jangan membuat konten yang berasal dari cara merugikan (copy paste)

Kesimpulan

Tidaklah ada yang sempurna sesuai dengan ukuran yang diinginkan diri sendiri kecuali Tuhan berkehendak, jadi untuk anda dengan beberapa hal di atas semoga menjadikan bahan dan pertimbangan yang positif dan bisa memberikan gambaran juga semangat dalam dunia blogging, karena saya dengan waktu yang lama ini masih terus mengelola banyak blog tanpa menjadikan penghasilan sebagai tujuan utamanya.

Karena penghasilan dalam blogging merupakan akibat dari bermanfaatnya informasi yang kita sampaikan maka akan datang juga nanti penghilan bagi kita.

Pantaskan diri sebagai blogger mahir, kuasai semua tentang blogging, yakin bisa mendapatkan penghasilan
Itu kutipan yang ada dalam hati saya, semoga ada manfaat bila seandainya anda memiliki pandangan lain dan atau hal hal terkait tulisan ini silahkan untuk berkomentar di bawah.

Baik, sampai disini tulisan yang saya beri judul Wasiat bagi Blogger Newbie

Tidaklah saya menyampaikannya karena pada intinya berwasiat untuk diri pribadi, bila ada yang bisa anda ambil semoga bermanfaat.. Semoga anda sukses!

Wasiat bagi Blogger Newbie (sebelum terlambat)