Cara Mengganti Blogspot ke Domain sendiri (TLD)

Beberapa saat yang lalu saya baru saja mengganti domain dari blogspot ke domain sendiri .com, sebagaimana sekarang anda berada di blog http://www.kangmufti.com yang sebelumnya bernama http://muftiblogger.blogspot.com.

Baik, dalam artikel ini saya ingin berbagi bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri yang sering kita perbincangkan istilahnya TLD (Top Level Domain).

Sebelumnya, anda pasti membaca artikel ini bertujuan untuk menemukan tahapan dari awal pembelian domain hingga setting pengalihan blogspot ke domain sendiri (sama halnya saya lakukan dulu waktu mau melakukan pengaturan pengalihan ke domain TLD .com), So ini pengalaman yang baru saja saya lakukan pada tahun 2016 bulan Juli bisa menjadi bahan untuk anda yang sedang melakukan pengalihan Custom Domain di Blogger.

Mengganti alamat blog  di blogspot dengan TLD

Dengan ini, saya menganggap anda sudah siap dengan satu nama domain yang sudah di beli dari produsen domain tertentu selanjutnya dalam tahapan di bawah ini akan saya bawa anda ke pengaturan pada blogspotnya.

Tahapan Mengubah alamat domain blog

Tahapan #1: Login ke blogger.com dan masuk ke dasbor blog yang akan di ganti alamat blognya

Tahapan #2: Kunjungi submenu "Dasar" melalui menu "Setelan"


Tahapan #3: Di Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

Tahapan #4: Ketik nama domain anda lalu simpan

(Catatan: dalam menuliskan alamat domain perhatikan dalam menulisnya, disini cantumkan www sebelum namadomainsaya.com. Ini dimaksudkan agar alamat blog anda bisa ditemukan di search engine).

Pada tahapan ini anda menumakn pesan “kami tidak dapat memverifikasi.......”. abaikan dulu, karena ini pemberitahuan bahwa anda harus mencantumkan data di bawahnya ke pengaturan DNS domain anda.
Seperti pada gambar ada Host dan bidang tujuan, target, maka anda catat dan pasang di pengaturan DNS tempat domain anda.

Tahapan #5: Masukan data tadi ke pengaturan DNS domain
Dalam tahapan ini, seperti yang telah saya lakukan di jagoan hosting, maka lakukan seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Enaknya di Jagoan hosting anda tidak perlu repot memasukan beberapa input data, kita tinggal memasukan pengaturan DNS domain dari blogspot dan selebihnya sudah otomatis.

Tahapan #6: Setelah selesai melakukan tahapan 5, cek alamat blog anda dengan mengetikkannya di search engine, bila muncul maka artinya sudah berhasil. Alhamdulillah dalam beberapa menit kemudian saya sudah bisa mengakses domain itu, yang rata rata maksimal lamanya bisa di akses 24 jam.

Tahapan #7: Terakhir pastikan anda atur pengalihan pada pengetikkan alamat domain tanpa www seperti pada gambar di bawah ini. Jadi bila ada yang mengetikan kangmufti.com maka akan dialihkan ke www.kangmufti.com.

Nah, Ituah yag bisa saya bagikan tentang cara mengubah alamat blog di blogspot ke domain sendiri (TLD).
Disini saya tidak menguraikan secara detail mengenai pengaturan di situs produsen domainnya karena sebenarnya sesensi pengantian nama domain pada intinya sama seperti halnya di atas.

Bila anda merasa menemukan yang kurang dalam artikel ini, silahkan berkomentar.

Cara Mengganti Blogspot ke Domain sendiri (TLD)