Panduan menggunakan Aplikasi WeChat

Aplikasi WeChat merupakan aplikasi android yang membantu anda dalam berbincang dengan teman dan sahabat di luar sana. sebelum bisa menggunakan aplikasi WeChat anda harus mempunyai akun (ID) terlebih dahulu, untuk cara membuat akun WeChat serta panduan cara menggunakan aplikasi WeChat dipaparkan dibawah ini.

Persiapan menggunakan Aplikasi WeChat

Untuk bisa menggunakan aplikasi WeChat, anda tidak perlu perangkat khusus. Seperti tool chatting lainnya, aplikasi WeChat bisa digunakan di berbagai gadget dan OS termasuk untuk perangkat Android. dengan versi android yang variatif artinya semua bisa menggunakan aplikasi WeChat karena akan menyesuaikan perangkat dari android.

Anda bisa mendownload Aplikasi WeChat terbaru update 3 Februari 2016 v.6.3.13 di situs resminya wechat.com atau di google play store.

Cara membuat ID atau Akun WeChat

Terlebih dahulu anda pasang aplikasi WeChat ke dalam perangkat melalui situs resminya wechat.com atau di play.google.com.

Bila dalam HP anda sudah ada Aplikasi WeChat, maka untuk cara membuat akun WeChat, diantaranya:
Buka Aplikasi WeCaht lalu pilih ikon sign up pada layar yang berwarna abu
Seperti halnya pendaftaran pada suatu layanan aplikasi, disini juga  anda harus memasukkan identitas yang diminta mulai dari nama, tempat tinggal (negara), dan no. HP serta password. Setelah selesai klik sign up, pastikan no. Handphone masih aktif dan tidak salah dalam memasukkannya karena akan dijadikan media untuk mengkonfirmasi pendaftaran (melalui sms).

Cek sms konfirmasi dari WeChat yang dikirimkan ke nomor HP dengan kode verifikasi berupa angkat 4 digit. Tahapan verifikasi ini dilakukan bila no. HP nya berbeda perangkat yang digunakan, bila masih dalam perangkat yang digunakan maka akan secara otomatis terverifikasi.

Selanjutnya tahapan mencari teman melalui tab Cari teman di WeChat. Pada layanan Cari Teman ketika anda mencari pertemanan, anda bisa mengecek teman yang ada dalam Kontak Handphone anda maka WeChat akan memberikan ringkasan akun atau ID WeChat orang lain dengan berdasarkan nama, nomor HP, dan alamat email yang menggunakannya.  Atau dengan memasukkan ID WeChat teman anda atau ID orang lain yang ingin anda jadikan teman.

Manfaatkan fitur QQID, untuk mencari pemakai WeChat lain.

Cara memakai / menggunakan Aplikasi WeChat

Banyak fasilitas yang bisa di manfaatkan dalam menggunakan aplikasi WeChat ini, tertera dalam artikel 5 aplikasi android pencari jodoh terpopuler versi MB

Cara Menggunakan Fasilitas Chatting WeChat

Mungkin anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi chatting, karena semua jenis ini fitur utamanya adalah perpesanan maka tidak akan menjadi masalah saat menggunakannya. Untuk menggunakan perpesan-an di aplikasi WeChat tinggal lakukan langkah langkah sebagai berikut:
Pilih kontak yang ingin anda ajak ngobrol, ketikan pesan atau say Hi... or apa lah kata pembuka yang bisa menjembatani terhubungan dan membalas pesan anda, ya, setelah beres tinggal kirim (send) pesan
Dalam perpesan bisa anda tambahkan animasi dengan menambahkan gambar yang memperlihatkan emosi, misalkan say hi..... di susul dengan gambar tersenyum atau apalah yang ada disana
Anda bisa mengirim foto atau video yang ada di sebelah kanan pesan yang disediakan tinggal pilih ikon + pilih gambar yang sudah ada di dalam HP (perangkat) anda yang ingin dikirimkan, atau bisa langsung mengambil gambar dari kamera foto perangkat langsung.
Saran: dalam transfer foto terutama jenis video merupakan pengiriman yang memerlukan data yang besar, sehingga untuk menghematnya anda bisa melakukan trik dengan menggunakan jaringan data WiFi gratisan atau dengan menggunakan akse data gratisan dari kartu SIM anda. Sayang kalau data anda habis digunakan sepenuhnya untuk trasfer video kepada teman bila memang hanya untuk tujuan hiburan, terkecuali bila dianggap pernting darurat sifatnya. Seperti mengirimkan video berita untuk kepentingan reportase, video resepsi pernikahan saudara untuk kakek atau keluarga yang tidak sempat hadir.
Di Aplikasi WeChat di sediakan juga fasilitas untuk voice call dan video call yang memberikan keleluasaan bagi pengguna. Lakukan langkah menyentuh ikon + lalu pilih panggilan hanya suara atau video call, tetapi ini bisa dilakukan bila orang yang anda ajak video call sudah menjadi teman dalam aplikasi WeChat. Sama seperti penggunaan pengiriman data video ini juga akan menguras data anda.

Demikian artikel mengenai Panduan cara membuat Akun dan menggunakan Aplikasi WeChat. semoga anda bisa memanfaatkan aplikasi chatting ini untuk bertemu dengan teman lama dan mencari teman baru.

Panduan menggunakan Aplikasi WeChat