Cara cepat mengganti Template Blog Blogspot

Mengganti template blog blogspot - Tampilan bawaan Template Blog di Blogger memang standar, yang sudah bisa digunakan langsung setelah selesai membuat nama blog. Namun, jujur untuk saya pribadi pertama kali melihat tampilan dari blog baru yang dibuat waktu pertama kali merasa kurang menarik. Untuk itu mulai dipelajari berbagai cara untuk mengubah template bawaan baik dengan mengganti sebagian elemen sampai mengganti semua kode yang ada.

Kenapa tampilan blog perlu bagus menarik dengan kombinasi warna yang memikat? Tentu anda setuju bahwa pepatah mengatakan, kesan didapat pada pandangan pertama. Jadi tampilan blog yang menawan dan menarik untuk dilihat bisa menjadi salah satu pemikat pengunjung untuk hanya sekedar memperhatikan desain dan tampilannya saja, bila mereka merasa konten yang ada dalam blog kita dianggap belum maksimal menjawab pencariannya.

Cara Mengganti Template Blog

Dalam upaya untuk mengganti template blog dari bawaannya, bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai mengubah sebagian sebagian elemen untuk menyesuaikan kombinasi warna atau ukuran lebar saja sampai mengganti template semua dari header sampai footer.
Mengubah tampilan Blog untuk elemen tertentu
Cara yang paling gampang untuk merekayasa tampilan blog hanya sebagian saja, bisa anda langsung gunakan tab template pada dashbord yang terletak di paling bawah sebelum posisi setelan. Dengan langkah pilih tab template >> sesuaikan, sehingga akan muncul berbagai menu yang mengatur pengeditan tampilan blog secara lengkap. Fitur yang bisa kita gunakan antara lain:

  • Menyesuaikan template keseluruhan (mengganti template dengan beberapa template bawaan yang lainnya)
  • Mengedit latar belakang
  • Merubah lebar (ukuran dari template dan bagian bagiannya)
  • Mengatur tata letak.
  • Menambah kode CSS pada tab tindak lanjut



Mengedit template Blog secara tidak langsung

Atau bila anda sudah mempunyai kode tertentu untuk ditambahkan kedalam template, pilih edit HTML dan tempelkan kode itu pada posisi yang sesuai dengan peruntukkannya karena bila tidak akan membuat template tidak bisa disimpan, ini biasanya akan diberi tahu oleh blogger tentang kesalahan yang terjadi.

Untuk anda yang ingin lebih mendalam mengenai penyesuaian tampilan template sesuai dengan keinginan, maka perlu dilakukan cara yang menggunakan tool tertentu khusus mengedit kode kode yang ada dalam template bawaannya misalnya menggunakan DreamWeaver atau Notepad. (abaikan dulu dengan dreamweaver), mari lihat uraian selanjutnya, saya ajak anda untuk mengetahui bagaimana cara mengedit kode template di notepad.

Mengedit Kode Template dengan Notepad

Menggunakan aplikasi notepad untuk merubah dan mengedit kode dari template bawaan blog terbilang susah bagi anda yang belum pernah, karena cara ini bisa dikatakan agak rumit karena harus teliti dan yang terpenting mengetahui fungsi dan kode yang ada dalam template blog seperti HTML, CSS dan JavaScript.

Kenapa harus mengetahui dasar dari HTML, CSS dan JavaScript?

Perlu diketahui bagi anda yang baru saja mencoba untuk mempelajari barisan barisan kode yang ada dalam template blog, semua itu terdiri dari minimal 3 jenis itu (HTML, CSS dan JavaScript), disini tidak akan diuraikan mengenai secara detail tentang ketig jenis bahasa pemrograman ini, namun lebih mengedepankan tahapan yang perlu di ketahui sebelum memulai mengedit dan merombak tatanan kode pada template.
Disarankan memakai notepad plus (notepad++) karena fiturnya lebih lengkap dari notepad biasa. Cara mengedit full kode merupakan tingkat mahir, bila ingin mencobanya baca dan pelajari dulu dasar dasar dari ketiga bahasa pemrograman tadi.

Jadi, untuk mengedit kode yang ada dalam template itu akan membuat pusing kepala bagi yang pertama kali mencoba, maka saya sarankan untuk mengganti template blog agar lebih menarik, lakukan langkah dengan mencari template blog gratisan sesuai dengan selera dan keinginan anda, untuk mencarinya bisa anda dapatkan di situs situs luar maupun lolak, coba saja dulu buatan sahabat kita orang lokal, mereka jago dalam membuat template contohnya template untuk blog ini, saya menggunakan template dari Mbak Arlina. Bila sudah mendapatkannya, nanti Untuk cara menerapkan template blog ke dalam blogger lihat langkah mengganti template blog dengan full file .xml dibawah ini.

Cara mengganti Template Blog dengan full file .xml

Tahapan Mengganti Template Blog pada Blogger

Cara mengganti Template Blog untuk keseluruhan dengan template yang anda dapat dari gratisan mudah, berbeda dengan secara manual sendiri. Pertama, cari dulu template menarik di tempat Template gratis, banyak sekali pilihan yang akan membuat anda pusing memilihnya, pastikan dulu mengenai tampilan, lebar, kombinasi warna dan semuanya melalui layanan view pada situs itu.

Mungkin anda terlewatkan untuk baca: Situs tempat download template blog gratis

Dalam file yang di unduh lebih dari satu file, sehingga untuk mengetahui mana yang akan diupload perlu tahu jenis filenya. Biasanya yang dipakai adalah file yang bereksistensi (.xml). proses untuk mengganti template dengan cara ini dengan menguploadnya langsung ke blogger.
Di bawah ini tahapan tahapannya:

Akses Dashboard Blogger
pilih tab Template >> Cadangkan/Pulihkan >> Choose file (pilih dan cari file tadi yang disimpan dengan eksistenti .xml) >> Klik Open >> Klik Unggah. Secara visual bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Sampai pada tahapan unggah file maka template yang akan menggantikan bawaannya sudah selesai, bila berhasil maka tampilan pada template berubah seperti pada gambar dibawah ini.

Demikian kiranya kilasan mengenai cara cepat mengganti Template Blog pada Blogger baik dengan secara langsung melalui layanan penyesuaian dari blogger, dengan tool notepad (pengenalan) juga dengan mengganti template menggunakan template gratis full file .xml.

Semoga bermanfaat, bila kebetulan anda Master ProBlogger mampir (nyangkut) disini, mohon kiranya menambahkan atau memberi komentar.

Semoga bisa memberikan manfaat bagi para blogger pemula

Cara cepat mengganti Template Blog Blogspot

  1. nice post min, asal jangan lupa meta tag nya aja hahaha, mampir ya Omah Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Gan. Jelas untuk masalah meta tag dalam blog harus diperhatikan. karena meta tag merupakan unsur terpenting dalam SEO on page.

      Delete