Cara cepat mengetik dengan suara untuk Postingan Blog


Mengetik dengan suara – cara yang akan membuat anda terbantu untuk mengupdate konten blog adalah menggunakan fasilitas tool perekam suara menjadi teks baik melalui aplikasi android atau PC. Bila anda tertarik, bisa dengan mudah mendapatkannya, karena sudah banyak aplikasi mengetik dengan suara di internet.

Cara cepat mengetik dengan suara

Dalam urutan pemaparan artikel ini, saya sajikan dengan poin poin penting yang bisa menjadi bahan untuk anda diantaranya:

  • Apa itu Tool atau Aplikasi pengubah suara menjadi teks?
  • Apa saja Aplikasi perekam suara menjadi teks?
  • Tahapan menggunakan Tool pengubah suara jadi Teks untuk Postingan Blog
  • Kesimpulan

Apa itu Tool atau Aplikasi pengubah suara menjadi teks?

Aplikasi untuk mengubah suara jadi sebuah teks merupakan tool yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan mengetik dalam berbagai urusan dengan urutan penggunaannya kita berbicara atau merekam suara melalui aplikasi perekam suara, kemudian tool ini akan menerjemahkan ke dalam sebuah tulisan sesuai yang di ucapkan.
Pernahkah anda mencoba menggunakan tool speak to text pada layanan google chrome pada smartphone android anda?. Disana ada fitur yang bisa mengetikkan suara sesuai lafal ejaan yang keluar dari mulut. Bila kebingungan, perhatikan kotak pencarian (tempat mengetikan kata kunci, dan lihat sisi kanan layar) ada ikon speaker untuk mempraktekkannya, klik atau sentuh lalu berbicaralah anda maka akan muncul teks. Tentunya harus terhubung jaringan internetnya.

Kelebihan: mempercepat kinerja dalam mengetik dibandingkan dengan menggunakan jari (pada umumnya)
Kekurangan: di beberapa tool ada yang terkendala dalam hal bahasa yang di ucapkan, sehingga tidak akan mendapatkan rangkaian kalimat yang sesuai ejaan dari bunyi suara, selain itu harus menggunakan jaringan internet sebagai sarana penghubungnya (sampai saat ini saya belum tahu untuk aplikasi pengubah suara offline).

Apa saja tool atau Aplikasi perekam suara menjadi teks?

Mencari jenis dan layanan dari aplikasi pengubah suara yang bisa anda gunakan tidak sulit, secara singkatnya anda tinggal ketik di mesin pencari dengan kata kunci “speak to text” maka akan ada banyak tool penyedia layanan suara jadi teks disana. Namun, untuk referensi ada 4 tool pengubah suara jadi teks yang mendukung bahasa indonesia diantaranya:

  1. Dictanote
  2. Voice Recognition
  3. Speech Logger-Speech Recognize
  4. Speechnotes

4 tool pengubah suara menjadi tulisan di atas bisa digunakan untuk bahasa indonesia, dengan membukanya langsung di situsnya, setting bahasa menjadi bahasa indonesia lalu klik ikon speaker (pada umumnya) kemudian berbicara maka akan keluar tulisan di layar sesuai dengan ejaan yang di rekam.
Tool ini bisa digunakan pada saat anda tehubung ke internet, artinya ketika ingin memakainya jangan lupa periksa atau pastikan koneksi internet sudah lancar. Bagaimana kalau dalam keadaan not connected? Ada solusi lain yang bisa digunakan bila ingin secara offline. (teruskan membaca)

Software pengubah suara menjadi teks secara offline
Luar biasa, kita dimanjakan oleh windows dengan adanya layanan speak to text.
Aplikasi mengetik dengan suara dari windows ini bisa sangat membantu bagi para pegawai yang intensitas pekerjaannya sebagai operator komputer dalam jenis pekerjaan mengetik tekstual.
Lakukan tahapan berikut untuk mencobanya. Saya lakukan dengan menggunakan Windows 7.
Akses pada ikon START di windows All Program lalu klik Acessories pilih Ease of Access akses Windows Speech Recognition

Tahapan menggunakan Tool pengubah suara jadi Teks untuk Postingan Blog

Bila anda sepenuhnya telah mencoba membuka tool yang direkomendasikan diatas dan mencobanya, langkah untuk menyempurnakan jalan mengupdate konten postingan di blog dengan menggunakan tool pengubah suara menjadi teks hanya mengcopy seluruh teks dan salin di Blog anda. Disarankan untuk mengkopi dulu di aplikasi notepad agar nantinya beresih dari kode yang tidak diinginkan.

Saya yakin bila anda seorang yang ingin konsisten dan update konten blog secara cepat dan maksimal, bisa menggunakan tool ini.

Selain itu, untuk semua orang yang aktifitasnya bergelut dibidang pengetikan terutama dalam upaya menunjang pekerjaan sangat disarankan memakai alat perekam suara menjadi text agar bisa mencapai target waktu yang maksimal.

Kesimpulan:
Bila ingin memperpendek waktu pekerjaan dalam mengetik saatnya menggunakan Tool atau Aplikasi pengubah suara jadi teks baik secara online atau offline. Untuk menggunakan Tool online pilih salah satu dari 4 tool pengubah suara diatas yang menurut anda bisa membantu (saya lebih sering menggunakan Voice Recognition)

Artikel Cara cepat mengetik dengan suara untuk Postingan Blog ini dipublish untuk mengingatkan pribadi serta mudah mudahan ada manfaat bagi anda.

Cara cepat mengetik dengan suara untuk Postingan Blog