Cara Membuat Tabel di Postingan Blog (3 Pilihan)

Membuat Tabel di Postingan Blog - Cara membuat tabel untuk ditampilkan pada postingan sebenarnya mudah. Anda bisa melakukannya sendiri melalui Microsoft Excel, membuat sendiri di notepad atau menggunakan tool generator tabel.

Dalam artikel ini ketiga cara diatas akan di bahas secara detail dan langsung bisa praktekkan.
Sebelum menguraikannya perlu diketahui para blogger sekalian bahwa dalam membuat postingan yang akan menampilkan format tabulasi, harus mempertimbangkan hal hal berikut:
  • Efesiensi waktu pembuatan
  • Efesiensi loading halaman blog
Kalau kiranya dalam postingan anda ingin memunculkan tabel pada blog yang panjang saya sarankan untuk memakai cara yang ke tiga (uraian dibawah) untuk menghemat waktu, namun bila ingin berusaha membuat kreasi tabel sendiri bisa pakai cara kesatu dan kedua.

Untuk mengefesienkan loading untuk halaman posting yang ada tabelnya, usahakan kode HTML nya sesuai kaidah dalam prinsipnya (anda bisa pelajari di w3schools.com)

Terlepas dari berapa jumlah baris dan berapa banyak kolom serta kecepatan untuk laman postingan yang ada tabelnya, mari lihat cara membuat tabel untuk halaman posting di bawah ini.

1. Cara membuat tabel untuk halaman postingan blog dengan Microsoft Excel

Dengan menggunakan Excel - Untuk membuat tabel yang akan ditampilkan pada halaman postingan blog dengan menggunakan MS. Excel sangat mudah, karena tidak akan mengetikkan kode kode HTML.

Langkah membuat tabel untuk postingan dengan MS. Excel

Buka MS. Excel dan buat format tabelnya beserta datanya, setelah beres blok semua tabel lalu copy

Tempelkan langsung pada halaman pembuatan post pada blog dalam mode compose. Bila anda lihat pada HTML nya akan terlihat kodenya, itu merupakan kode bawaan dari MS. Excel.

Klik pratinjau untuk melihat hasilnya.

Sampai disini SELESAI.

2. Cara membuat tabel sendiri kode HTML di notepad

Dengan melalui notepad - Sebelum membuat sendiri, pastikan dulu pada template blog anda sudah ada CSS tabel. Lihat pada kode HTML pada template, dalam hal ini pada template Blog muftiblogger.blogspot.co.id sudah ada seperti berikut.

Kemungkinan penamaan kode CSS tiap template berbeda, coba anda periksa pada bagian <![CDATA[/* ...... yang terletah di bagian header.
Sekarang masuk ke aplikasi notepade untuk membuat kode sendiri. Tidak sulit hanya kita harus tahu dulu kode dasar dari HTML Tabel.
Lihat contoh yang saya buat di bawah.

Sebenarnya bisa saja langsung diketikkan pada laman pembuatan post pada blog, namun bila kita ingin lebih efesien dan ini bisa dilakukan saat offline.
Hasil yang dibuat pada notepad tadi salin dan tempel ke mode HTML pada mode HTML blog kita, lihat hasilnya melalui pratinjau untuk memastikan kodenya bekerja atau tidak. Ini gambar hasil yang saya buat.


Selesai sampai disini untuk cara membuat sendiri menggunakan notepad beres.

3. Cara membuat Tabel di posting Blog dengan tool

Pilihan yang ke tiga bisa dikatakan lebih mudah dan efesien namun dilakukan hanya pada saat online karena cara ini menggunakan tool online.
Banyak situs penyedia jasa generator tabel untuk kepentingan blogging, disini saya menggunakan tablesgenerator.com karena gampang dan membuat kita bisa mengkreasikan bentuk dan format tabel sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang diinginkan. Mulai dari format huruf sampai dengan pewarnaan sheet, dan banyak lagi.

Langkah-langkah membuat tabel menggunakan tablesgenerator

Masuk ke halamannya (tablesgenerator.com)
Pilih tab HTML tables yang posisinya berada pada menu navigasi urutan kedua
Lihat di bawahnya ada menu pembuatan tabel dan pilih menu file >> paste table data...

Maka muncul jendela untuk menempelkan format tabel yang di buat pada MS. Word atau MS. Excel. Lihat gambar pada cara ke 1 gambar pertama untuk format tabelnya.

Klik load, maka secara otomatis sudah jadi.
kodenya terletak di form HTML, yang akan kita masukkan ke dalam blog kita.


Seperti halnya cara sebelumnya kode itu dimasukkan pada mode HTML.
Itulah cara yang menggunakan alat pembuat tabel secara online.

Demikian Cara Membuat Tabel di Postingan Blog yang bisa anda pilih cara mana saja untuk dipraktekkan. Semua cara itu memiliki kekurangan dan kelebihannya tergantung yang menggunakan metodenya.

Semoga berguna dan membantu anda yang sedang berencana untuk membuat postingan dengan menampilkan tabel di dalamnya. bila berencana mengganti template blog, bisa anda baca artikel mengenai Cara mengganti template Blog

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog (3 Pilihan)

  1. Mantap bos tutor nya .. izim save dulu ya .. saat ini msh mengandalkan hp .. dan cara buat tabel masih manual langsung di dalam postingan .. krna gk punya laptop / pc hehehe :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sahabat Ocha Deris, wah luar biasa nge blog pakai hp. ya, mudah mudahan membantu. Saya meemiliki tips nge blog dari Smartphone Android, tunggu ya masih dalam editing...

      Delete