Isi Panca Prasetya Korpri


Panca Prasetya Korpri - Bukan hanya Bagi para CPNS yang akan melakukan Diklat pra jabatan yang harus hafal, tapi para pegawai negeri sipil pada umumnya juga.  Lebih utama harus jadi amalan dalam melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara, dan harus melekat dalam diri para pns.  Tulisan ini semata ingin mengingatkan saya pribadi dan semoga bermanfaat kepada semua para pegawai negeri di seluruh tanah air. Sebenarnya saya juga masih belum hafal, tapi semoga bisa teramalkan dalam kehidupan sehari-hari.  ini dia bunyinya:

PANCA PRASETYA KORPRI

Kami anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji:
1. Setia dan taat kepada negara kesatuan dan pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara;
3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan;
4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia;
5. Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Untuk Maknanya bisa di baca pada artikel: Makna Panca Prasetya Korpri

Dalam rangka mengupayakan pegawai yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanpa membeda bedakan suku, RAS, Golongan dan lain sebagainya setiap anggota Korpri harus mampu memberikan tauladan, mengharumkan bangsa, memiliki sifat mementingkan kepentingan umum (masyarakat) dalam bertugas baik dalam lingkungan kerja ataupun di luar jam kerja.
Sehingga bila semua pegawai yang sudah memiliki rasa itu, Indonesia akan menjadi negara yang maju, bermartabat dan bisa bersaing dengan negara di dunia.

jangan sampai lima slogan dan bunyi di atas hanya tinggal hafalan dan ejaan saat di lapang apel ketika ada upacara hari kesadaran nasional saja, tapi harus menjadi pedoman dan menjiwa dalam semua pegawai negeri sipil.

Karena hal besar akan terwujud bilamana hal hal yang kecil telah tumbuh dan bisa di amalkan dalam kehidupan dalam diri setiap pegawai. semoga dengan panca prasetya korpri yang sudah melekat dalam diri setiap PNS dimana pun berada bertugasnya akan menjadikan negeri ini lebih bermartabat dan bisa bersaing di dunia lebih jauhnya.
Sumber: jombangkab.go.id

Isi Panca Prasetya Korpri